Home » » 5 Tempat Berdoa yang Dikabulkan Saat Haji

5 Tempat Berdoa yang Dikabulkan Saat Haji

  Tempat Berdoa yang Dikabulkan Saat Haji

Makkah - Saat ibadah haji, setidaknya ada lima tempat yang selalu didatangi umat Muslim. Tempat-tempat tersebut pun diyakini jamaah haji sebagai tempat mustajab atau dikabulkannya doa-doa yang dipanjatkan. Apa saja?

Ibadah haji adalah traveling spiritual umat Muslim ke Arab Saudi. Di sanalah mereka melakukan rangkaian ibadah haji dari tanggal 8 sampai 10 Dzulhijah. Disusun detikTravel, Selasa (8/10/2013) berikut lima tempat berdoa saat haji yang diyakini akan dikabulkan Allah:

1. Kawasan Masjidil Haram

Masjidil Haram adalah masjid terbesar di dunia yang mampu menampung hingga 4 juta jamaah. Umat muslim yang berdoa di sana, diyakini bakal dikabulkan dan mendapat pahala berlipat ganda. Beberapa titik di masjidnya pun juga dianggap mustajab.

Beberapa titik tersebut adalah Makom Ibrahim, Hijr Ismail, Hajar Aswad, Bukit Shafa dan Marwah, dan Rukun Yamani. Umat Muslim yang beribadah haji selalu menyempatkan salat, berdzikir, dan berdoa di titik-titik tersebut. Masjidil Haram pun selalu penuh jamaah selama 24 jam.
2. Padang Arafah
Padang Arafah merupakan daerah yang luas di sebelah timur Kota Makkah. Di sinilah umat muslim melakukan wukuf saat melakukan ibadah haji, tepatnya saat tanggal 9 Dzulhijah. Jabal Ramah yang ada di sana juga diyakini sebagai tempat bertemunya Adam dan Hawa setelah turun ke bumi.

Ibadah wukuf dilakukan oleh jamaah haji dari tengah hari sampai sore hari. Umat muslim di sana menghabiskan waktu dengan salat, berdzikir, atau membaca Al Quran. Saat wukuf inilah, umat Muslim percaya kalau doa yang dipanjatkan akan lebih cepat dikabulkan.






3. Muzdalifah
Muzdalifah berada di antara Makkah dan Mina. Inilah tempat para jamaah haji singgah setelah dari Padang Arafah. Mereka melakukan ibadah salat Maghrib dan Isya, lalu bermalam di dalam tenda. Lalu, mereka juga mengumpulkan batu kerikil untuk dilemparkan saat Jumroh.

Wajib hukumnya bermalam di Muzdalifah saat melakukan ibadah haji. Saat malam hari, tak sedikit jamaah haji yang bangun dan melakukan salat malam di sana. Mereka lalu melantunkan ayat suci Al Quran dan berdzikir hingga waktu Shubuh tiba.






4. Jamarat
Jamarat adalah tempat melempar batu kerikil kepada tiga pilar batu dan letaknya berada di Mina. Sejarahnya, Nabi Ibrahim melempar setan dengan batu di ketiga tempat ini ketika menggodanya agar tidak mengurbankan Nabi Ismail. Melempar batu kerikil tersebut juga disebut sebagai Jumroh.

Tiga tempat untuk Jumroh tersebut adalah Jumrotul Aqoba, Jumratul Wustho, Jumratul Ula. Di sini para jamaah haji juga berdoa agar terlindungi dari godaan-godaan setan yang terkutuk.







5. Masjid Nabawi
Masjid Nabawi adalah salah satu masjid bersejarah dan paling penting bagi umat Muslim. Sebabnya, masjid ini dibangun oleh Nabi Muhammad dan terdapat makamnya di dalam masjid tersebut.

Memang, Masjid Nabawi sebenarnya tidak termasuk dalam rangkaian ibadah haji. Meski begitu, para jamaah haji selalu menyempatkan datang ke sana. Mereka ingin berziarah ke makam Nabi Muhammad dan beribadah di dalam masjidnya.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Jasa Pembuatan Website | Toko Online | Web Bisnis
Copyright © 2011. Nurul Asri - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger